Giant Mekong Catfish (Ikan Lele dari Sungai Mekong)

Tahukah kalian bahwa ikan air tawar terbesar di dunia ternyata adalah ”ikan lele”, ya rekor dunia ikan air tawar dipegang oleh seekor catfish (lele) yang dikenal dengan nama giant Mekong catfish, ikan ini ditangkap dan diukur di Thailand pada May 2005.

Ikan ini ditangkap oleh beberapa nelayan dengan izin khusus, karena hewan ini sudah termasuk kategori langka. Dengan panjang 9 kaki dan berat 646 lbs atau 5 kali lebih besar dibandingkan rekor dunia sebelumnya yang ditangkap di amerika utara.

kan jenis ini hidup di aliran sungai Mekong, China, yang mengalir ke selatan ke daerah asia tenggara tepatnya di daerah Kamboja dan Thailand. Dikenal dengan nama Pla Buk, yang berarti ikan raksasa, diperkirakan ikan ini mampu tumbuh hingga panjang 10 kaki (3 meter) dan berat hingga 660 lbs (300kg)

Para ilmuwan juga menemukan hal yang menakjubkan tentang ikan ini, mereka menghabiskan sebagian hidup di lautan. Sebagian orang memiliki kesan bahwa catfish lamban dan hanya hidup beridam diri di dasar sungai, tapi baru diketahui bahwa rute migrasi ikan ini dapat menyaingi rivalnya yaitu ikan salmon. Para ilmuwan menemukan ikan ini berenang sejauh 600 mil (1000km) dari laut cina selatan hingga ke sungai Mekong untuk melahirkan.

Penemuan ini tentunya menimbulkan perdebatan, apakah ikan ini – yang menghabiskan hampir sebagian besar hidupnya dilaut – dapat dikategorikan sebagai ikan air tawar ataukah ikan air laut.

Beberapa rumor menyebutkan bahwa ada ikan air tawar jenis lain yang besarnya mampu menyaingi lele dari sungai Mekong ini, diantaranya adalah Arapaima dan ikan pari (stingrays) air tawar raksasa dari sungai amazon, serta ikan arwana raksasa dari cina namun karena minimnya informasi tentang ikan – ikan ini, rumor ini ini belum bisa dikonfirmasikan kebenarannya.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s