Aligator Gar

Ikan yang sudah ada sejak zaman prasejarah ini menghuni banyak bagian dunia, tapi Gars hari ini hiduphanya di Amerika Utara dan Amerika Tengah.
Dari tujuh spesies gar diketahui, aligator gar adalah yang terbesar, mencapai sampai dengan sepuluh kaki (tiga meter) panjang dan tipping timbangan di hingga 300pound (140 kilogram). Ikan raksasa yang terlihat mengancam ini memiliki warna tubuh hijau atau kuning zaitun dan memiliki tubuh yang sangat bersisik. Mulut dengan gigi yang penuh dan lebar, yang seperti mulut biasa seperti namanya aligator gar.

Air tawar raksasa ini mungkin tampak galak, tapi serangan terhadap orang sangat jarang sekali. Mereka dapat menimbulkan bahaya pasif, meskipun telur-ikan adalahr acun bagi manusia jika tertelan.

Gars dewasa memiliki beberapa sidat predator alami, meskipun buaya telah dikenal untuk menyerang mereka. Pada saat muda mereka dimangsa oleh ikan yang lebih besar. Aligator Gar memangsa ikan, tetapi mereka oportunistik dan telah dikenal untuk memakan segala sesuatu dari air dan kura-kura kecil untuk bangkai.Aligator Gar ditemukan di seluruh sebagian besar pantai Tenggara AS. Mereka mendiami perairan barat sampai Texas dan Oklahoma, sejauh utara Cekungan sungan Misissipi dan Hilir sungai Ohio dan sistem sungai Missouri, dan selatan saluran air sampai ke Meksiko.

Gars mendiami danau dan teluk dan mampu mentolerir air payau dan bahkan garam. Tapi si gigi besar itu lebih suka sungai besar yang bergerak lambat, terutama yang dengan dataran banjir yang luas, di mana perairan dangkal menyediakan tukik dengan beberapa perlindungan dari predator.

Sayangnya untuk Aligator Gar, pengendalian banjir seperti bendungan dan tanggul telah secara dramatis mengubah ekosistem sungai dan sebagian besar menghilangkan habitat yang mereka sukai untuk pemijahan, tepatnya di Amerika Utara. Tantangan-tantangan buatan ini telah memberikan dampak yang cukup mempengaruhi jumlah populasi ikan Aligator Gar.
Alligator Gar adalah target dari perikanan komersial maupun olahraga yang sering mengakibatkan penangkapan berlebih. Mereka sekarang dilindungi oleh hukum bagian pada tiap negara masing-masing.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s