Chinese Paddlefish

Tidak ada paddlefish Cina muda yang terlihat di alam liar sejak tahun 1995, dan tidak ada penampakan dari paddlefish Cina liar dengan berbagai ukuran sejak 2003. Hal ini menyebabkan banyak orang beranggapan ikan ini sudah punah. Namun anggapan itu salah karenaikan ini masih ada di beberapa tempat di china,meskipun jumlahnya sangat sedikit. Karena jumlahnya yang sudah sangat minimalis, para ilmuwan takut jika jumlah mereka yang sangat rendah, mereka tidak berhasil melakukan reproduksi lagi di alam liar.

Paddlefish Cina dianggap oleh banyak orang sebagai ikan air tawar terbesar di dunia, dengan laporan individu mencapai membingungkan 23 kaki (7 meter) panjangnya dan berat setengah ton (450 kilogram). Mereka sangat panjang dengan tubuh perak abu-abu, mulut yang sangat besar, dan moncong panjang serta lebar yang menyerupai dayung. Moncong tersebut berisi sensor yang membantu mereka menemukan ikan kecil dan krustasea dimana mereka hidup.

Raksasa mengkilap ini, di China sering dipanggil dengan Ikan pedang sturgeon, yang dahulu sering dilihat dan ditangkap di China Sungai Yang-tze. Jumlah dan banyaknya daging mereka membuat mereka menjadi target yang populer bagi nelayan dan menjadi menu wajib dalam makan malam, termasuk kaisar Tiongkok kuno. Namun pembangunan bendungan pada 1980-an selamanya mengubah habitat paddlefish dan spesies terkenal lain di Sungai Yang-tse.

Bendungan, bagian dari proyek pembangkit listrik Gezhouba, sehingga menciptakan sebuah penghalang antara Sungai Yangtze bagian bawah dan daerah delta. Dimana paddlefish tua kembali ke seungai bagian hulu untuk berkembang biak, dan Paddlefish muda hidup lebih dari setahun di sana. Hal inilah yang menyebabkan paddlefish dan jenis lainya terancam punah. Menurut penelitian moncong paddlefish diciptakan untuk mendeteksi kadar dari besi dari suatu mahkluk hidup, dimana mangasa paddlefish adalah plankton yang memiliki kandungan besi yang sedikit. Sedangkan bendungan mengandung tingkat besi yang sangat tinggi, sehingga paddlefish menganggapnya sebagai suatu mahkluk yang sangat besar. dan hal inilah yang mengakibatkan paddlefish malah pergi menjauh dari bendungan sungai, dimana ia seharunya pergi untuk berkembang biak.

Semenjak pembangunan bendungan Gezhouba selesai, bendungan tersebut mengisolasi banyak jenis ikan dari habitatnya, salah satunya adalah paddlefish. Nasib ikan itu sekarang hanya bergantung pada penangkaran, program-program tersebut telah dicoba. Akan tetapi hal ini mengalami banyak tantangan, dan banyak ilmuwan yang menemukan ikan paddlefish dewasa sulit dipahami dalam perkembangbiakanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s