Giant Carp

Ikan ini sering disebut ”raja ikan,”  Ikan ini sering diceritakan dalam sejarah nenek moyang pada kawasan Asia Tenggara. Di Vietnam, spesies khas berkepala besar ini disebut “ca ho”. Di Kamboja, Ikan ini ada dalam ukiran candi kuno di Angkor dan dinamakan ikan nasional Kamboja.
Ikan Giant barb merupakan ikan sungai yang sering sering pergi bagian sungai yang dalam, tapi ia biasa bergerak secara musiman ke kanal atau dataran banjir sungai untuk melakukan pemijahan dan pembiakan. Setelah itu baru ikan akan kembali ke sungai dalam untuk mencari makan. namun anak-anak ikan akan tetap di sungai sampai remaja.
Pada saat remaja, ia seringkali terlihat di rawa-rawa atau anak sungai-sungai kecil.
Meskipun mereka dikenal dapat mencapai 660 lbs(300 kg), contoh di atas 220lbs(100 kilogram). Tetapi ukuran sebesar itu menjadi sangat langka dalam beberapa tahun terakhir. Ikan ini tumbuh dengan memakan tanaman kecil seperti fitoplankton serta ganggang, rumput laut, dan dalam periode banjir mereka juga memakan buah dari tanaman darat terendam.
Para ilmuwan khawatir bahwa populasi ca ho telah menurun ke titik di mana hanya ada beberapa ikan yang mampu bertahan untuk mencapai usia reproduksi seksual. Ikan ini telah menjadi sangat terancam karena penurunan habitat asli ikan ini (yang membentang dari Kamboja ke Delta Mekong). Penurunan itu disebabkan oleh, pencemaran air, lalu lintas sungai, dan terutama kembali pada pemancingan berlebihan.Selain itu masalah lainya adalah daging dari Ikan carp raksasa sejak dahulu kala dianggap lezat oleh penduduk dari Sungai Mekong, dan ini adalah menu makanan paling populer untuk puluhan juta orang yang mengandalkan sumber pangan dari sungai mekong ini.
Untuk mengantisipasi itu, pemerintah telah memrogram peraturan yang bertujuan untuk penangkaran ikan raksasa yang telah menjadi ikon negara. Dan juga beberapa aktivis pencinta alam, ikan muda sekarang mulai ditangkarkan pada kolam dalam usaha pembiakanya dan nantinya dilepas kembali ke alamnya.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s