Giant Snakehead (Gabus Raksasa)

Ikan Giant snakehead atau kita sering mengenalnya dengan sebutan ikan gabus maupun tomang. Ikan giant snakehead bukan hanya spesimen terbesar dalam genusnya, namun termasuk predator terganas. Di Asia Tenggara, banyak cerita dari penduduk mengenai ikan ini menyerangnya tanpa alasan yang jelas, terutama saat musim kawin. Giant snakehead menjadi sangat agresif pada saat mereka mejaga telur, yang tidak normal seperti ikan pada umumnya. Para pejantan biasanya mengumpulkan dan membimbing anaknya, sementara para betina memantaunya dari jauh, dan siap untuk menyerang apapun yang terlihat mengancam keselamatan para anaknya.
Ikan mengerikan ini memiliki 30 jenis spesies yang berbeda, mulai dari Afrika tropis ke Timur Jauh dan Rusia. Semua predator ini memiliki ciri khas tubuh dengan garis, gigi tajam dan keganasan yang sangat ekstrim. Snakeheads juga bernapas dengan udara. ikan ini akan muncul ke permukaan, mengangkat kepalanya ke atas, untuk mengambil seteguk udara dan kemudian menyelam. oksigen berdifusi langsung ke jaringan pekat yang mengelilingi pembuluh darah yang mengarah ke kandung kemih, terdapat organ ganda yang berfungsi sebagai paru-paru sederhana.
 Hal ini memungkinkan ikan untuk bertahan hidup di daerah stagnan di mana kadar oksigen rendah. Ia bahkan bisa berjalan di atas tanah, dengan menggunakan pectorals lembut untuk menyeret dirinya sendiri ke lokasi baru. Dikatakan snakehead bisa bertahan keluar dari air sampai 4 hari.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s