White Sturgeon

Ikan White Sturgeon merupakan ikan air tawar besar ditemukan di pantai Pasifik Amerika Utara, Teluk Alaska, dan California. Ini adalah ikan air tawar terbesar di Amerika Utara. Seseorang pernah menimbang ikan ini lebih dari 1500 lbs, tumbuh sepanjang 15 kaki, dan dapat hidup lebih dari 100 tahun. Ikan ini diklasifikasikan sebagai “Hewan bertulang dalam”, yaitu sekelompok ikan yang memiliki kerangka yang terbuat dari tulang. Ikan ini memiliki lima baris dari lempeng tulang yang disebut “Scutes” yang mencapai dari insang sampai ekor. Meskipun dua spesies tidak berhubungan, ikan ini mirip ikan hiu dan bahkan memiliki ekor seperti ikan hiu. Warna punggungnya abu-abu muda sedangkan permukaan ventral berwarna putih, sehingga dinamakan White Sturgeon. Mulutnya besar namun memiliki tidak memiliki lidah, dan memiliki empat alat perasa yang dinamakan “Barbell”, yang digunakan untuk merasakan makanan.

Ikan White Sturgeon hidup di dasar sungai yang berarus lambat, teluk, dan daerah muara dimana mereka menghabiskan sebagian besar waktu mencari-cari di dasar laut untuk makan. Mereka tidak memiliki gigi, sehingga makanan yang biasanya dimakan dengan menghisap melalui mulut panjang mereka. Makanannya terdiri dari kerang-kerangan, udang-udangan, cacing, dan telur ikan. Ikan sturgeon putih besar Biasanya juga makan ikan lain seperti teri, lamprey salmon, shad. Pemijahan biasanya terjadi pada akhir musim semi atau awal musim panas. Untuk mereproduksi, laki-laki berkumpul di daerah sungai dengan arus yang kuat untuk melepaskan sperma mereka. Sedangkan wanita melepaskan jutaan telur, sehingga terjadi fertilisasi sebanyak mungkin. Setelah telur dibuahi, mereka jatuh ke lantai sungaidan menetas sekitar seminggu kemudian. Setelah menetas, para ikan sturgeon muda mirip berudu, dan tidak memiliki bagian tubuh yang lengkap. Sirip, warna, dan sisik menebal sampai sebulan kemudian. Ikan sturgeon muda memakan serangga, dan krustasea kecil dan ikan.

Ikan White Sturgeon terancam punah karena penangkapan yang berlebihan, perusakan habitat, dan polusi. Pada tahun 1800-an akhir, ikan ini diburu secara berlebihan untuk olahraga dan pangan, juga telur sturgeon yang populer untuk membuat kaviar. Untuk melindungi spesies ini, kepentingan untuk komersial dan olahraga memancing telah dilarang oleh negara bagian California sejak awal 1900-an, tapi penangkapan ikan komersial masih legal dan diatur oleh lembaga perikanan dinegara-negara lain. Di beberapa daerah, peraturan termasuk penutupan daerah untuk melindungi pemijahan ikan dan perlindungan hukum terhadap remaja dan ikan yang lebih tua lebih ketat lagi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s